Etika / adab Menjenguk Orang Yang Sakit

No Comments

Modgemango - Bekunjung atau menjenguk orang sakit berbeda dengan kita berkunjung untuk sekedar main atau silaturahmi,maka alangkah baiknya memperhatiakan adab atau etika berikut ini.

1. Hendaknya melakukan etika standar saat berkunjung ke rumah orang seperti mengetuk pintu/memencet bel dan mengucapkan salam dengan suara yang tidak terlalu keras.

2. Kunjungan dilakukan di waktu yang pantas. Apabila sedang dirawat di rumah sakit, maka harus sesuai dengan jam besuk yang diperbolehkan. Kalau di bulan Ramadan, hindari datang pada siang hari. Baca jg : Sisi lain dari tukang cukur rambut

3. Mendekat pada orang yang sakit dan duduk di dekat kepalanya dan meletakkan tangan pada dahinya serta menanyakan keadaan dan apa yang diinginkannya.

4. Waktu berkunjung jangan terlalu lama agar tidak mengganggu si sakit atau keluarganya.

5. Jangan terlalu banyak bertanya pada si sakit karena hal itu akan membebani si sakit.

6. Mendoakan si sakit agar cepat sembuh. Salah satu doa yang dianjurkan adalah membaca:


Doa menjenguk orang sakit 

الّلهُمَّ أَذْهِبِ البَأْسَ إِشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA  ADZHIBILBA' SA ISYFI ANTASYSYAFI LA SYIFA-A ILLA SYIFAUKA SYIFA' AN LA YUGHODIRU SAQOMA .


Terjemahan Doa Menjenguk Orang Sakit

Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." ( HR. Bukhori Muslim)


Doa menjenguk orang sakit lainya

أسأل الله العظيم، رب العرش العظيم؛ أن يشفيك

Teks latin : As'alullahal Adzim, Rabbal Arsyil Adzim ay Yashfika sebanyak 7x dan membaca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.

7. Penjenguk tidak berbicara dengan orang lain di dekat si sakit suatu pembicaraan yang menyakiti atau mengganggu. Dan hendaknya menampakkan sikap kasih dan empati yang dapat menyenangkan perasaan si sakit. Baca juga gan : Tips merayakanhari jadi dengan pacar agar lebih meriah

8. Memberi harapan kesembuhan dan memotivasi kesabaran pada si sakit.

9. Meminta doa pada si sakit.karena ada keterangan yang menyebutkan donya orang sakit diijabah oleh Allah SWT.

Sekian postingan kali ini.. janganlupa di share yaa... semoga bermafaat..

 http://www.kaskus,co,id/thread/54adf974de2cf2236a8b4586/?ref=homelanding&med=hot_thread

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.